Water Heater Gas Tidak Menyala?Gini Cara Ngakalinnya

Mengakali water heater gas tidak menyala

Water heater gas tidak menyala šŸ˜‘?. Ada beberapa hal yang bisa bisa bikin water heater gas tidak menyala. Mulai dari tekanan air yang rendah, gas yang tidak mengalir hingga air dari shower tidak mengalir. Sebelum memutuskan untuk membeli water heater sebaiknya dipikir dulu jenis water heater yang cocok yang bisa dipakai di rumah tipe seperti apa. Jangan asal pilih, mentang-mentang water heater gas lebih murah gak pake listrik eh pas dipasang water heater gas tidak menyala. 

Sesuaikan dengan kondisi rumah dan budget

Sebelum memutuskan untuk membeli water heater, tentukan dulu jenisnya. Water heater yang beredar banyak sekali jenisnya, mulai dari yang listrik, tenaga surya hingga menggunakan gas LPG. Sesuaikan juga dengan budget kita jangan sampe boncos yaa!Dari semua water heater yang beredar, water heater jenis gas lebih murah dan banyak dijual di toko-toko online di berbagai market place yang ada. Selain itu yang paling penting sesuaikan dengan kondisi rumah, apakah tekanannya cukup atau tidak?Kalau di rumah tekanannya rendah maka belilah water heater yang bisa digunakan meskipun tekanan air di rumah rendah.

Water heater gas tidak menyala?

Setelah kita memutuskan untuk membeli water heater gas ada beberapa kasus yang sering terjadi. Yang paling sering adalah water heater gas tidak menyala. Nah kalau setelah dipasang tetap tidak menyala coba cek ini nih…

1. Air tidak panas

Kalau water heater sudah kita pasang dan lampu indikator menyala tapi air tidak mau panas coba dicek indikator apinya. Biasanya indikator ini terletak di tengah-tengah water heater. Kalau indikator api tidak menunjukkan adanya api yang menyala kemungkinan besar gas tidak mengalir. Cek regulator gasnya, kalau regulator masih baru biasanya gas tidak langsung mengalir. Solusinya cukup mengetuk regulator dengan benda tumpul dan jangan terlalu kencang.

Indikator api pada water heater gas tidak menyala
Indikator api pada water heater gas

2. Lampu indikator suhu water heater gas tidak menyala

Jika water heater sudah dipasang dan ternyata lampu indikator suhu tidak menyala coba cek batrenya ya!Jangan sampai lupa memasang batre. Untuk tipe batre yang bisa digunakan adalah jenis C seperti gambar di bawah.

indikator suhu water heater gas tidak menyala
Indikator lampu/suhu
Jenis batre pada water heater
Jenis batre C uang umum digunakan pada water heater gas

3. Tekanan air rendah

Ketika tekanan air rendah, indikator suhu akan tetap tidak menyala. Untuk masalah tekanan air rendah, umunya karena tandon air atau toren yang jaraknya kurang tinggi. Untuk menambah tekanan air bisa menaikan ketinggian tandon atau membeli pompa air untuk mendorong air dan membuka katup water heater agar menyala. Namun, kedua cara tersebut cukup menguras biaya loh. Cara yang paling murah adalah dengan menambah atau membeli pompa hidro watt rendah untuk akuarium atau hidroponik. Dengan modal 15 ribu hingga 50 ribu cukup pasang dari input pipa air ke water heater maka katup water heater akan membuka dan akan menyala. Kalau menggunakan pompa mikro seperti saya, jangan lupa untuk mengecilkan kenop volume airnya ya!Untuk jenis pompa mikronya bisa dilihatĀ disini.

Pompa mikro pendorong
Pompa mikro akuarium untuk pendorong air

Kalau kita pake pompa mikro, konsekuensinya volume air output tidak bisa terlalu besar karena akan membuat water heater tidak menyala. Konsekuensi lainnya dengan volume air yang kecil akan membuat suhu lebih panas meskipun sudah kita atur gas di minimum. Mengakalinya cukup ganti kepala shower dari lubang besar ke lubang kecil. Salah satu kepala shower yang saya pakai ada di artikel ini “Cara Air Shower Kencang Murah“. Terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram