Water Heater Gas Tidak Menyala?Cek Selenoid!

selenoid water heater gas rusak

Water heater gas tidak menyala?Pasti kesel kan klo pas mau mandi air hangat tiba-tiba water heaternya gak nyala. Nah biasanya banyak penyebab yang bisa bikin kita bingung sendiri. Tapi kita gak usah terlalu bingung, biasanya ada beberapa maslah yang umumnya terjadi ketika water heater gas tidak menyala dan bisa kok kita betulin sendiri tanpa harus keluar uang dan repot-repot ngebongkar untuk bawa ke tukang servis. Di tulisan saya yang lain sudah dirangkum beberapa masalah yang sering muncul di water heater gas, linknya klik disini. Nah ada satu penyebab yang paling sering muncul ketika pemanas air gak mau menyala, yuk kita ulas!

Kenali dulu penyebabnya

Ada banyak beberapa masalah yang umumnya sering terjadi pada water heater gas ketika tidak menyala dan penyebabnya bisa macam-macam, bisa karena tekanan air kurang, batrenya sudah habis, hingga katup gas yang tidak membuka. Nah, saya sudah membuat beberapa ringkasan terkait beberapa penyebab yang mungkin di laman yang lain, silahkan klik disini!

Masalah Yang Sering Muncul

Kalau sudah dicek semua kemungkinan seperti batre, tekanan air dan semuanya oke ternyata  masih tidak menyala, kemungkinan besar masalahnya ada di selenoid valve atau katup penyalur gas ke pemanas. Pada water heater yang normal, ketika dinyalakan sebelum ada suara api menyala akan didahului dengan suara pemantik yang terus menerus dan selenoid yang membuka gas. Suaranya akan terdengar seperti “ctak” seperti suara sendok atau garpu yang membentur ke besi. Suara tersebut ditimbulkan akibat selenoid yang dalamnya terdiri dari magnet membuka sehingga aliran gas masuk ke pemanas. Bila tidak terdengan suara seperti di atas, kemungkinan besar maslahnya karena selenoid nya tidak bekerja dan harus di ganti. Untuk membuat water heater kembali menyala bisa minta ganti ke tukang servis water heater atau bisa diganti sendiri. Untuk harga selenoid sendiri sangat murah. Terakhir saya membeli seleoidnya sendiri di online market dengan kisarah harga sekitar 30 ribu hingga 40 ribu rupih. Untuk membelinya silahkan lihat disini!

Cara Mengganti Selenoid

Untuk mengganti selenoid sebetulnya cukup mudah, tidak perlu harus selalu ke tukang servis. Pertama cukup buka penutup water heater gas dengan membuka baut di ujung ujung penutup. Lalu lihat posisi selenoid berada, biasanya terletak di pojok bawah kiri dari water heater gas nya sendiri. Kemudian lepaskan kabel penghubungnya dengan menekan semacam kenop plastik dan buka baut yang menempel dan pastikan seal karetnya yang berbentuk lingkaran tidak rusak. Kalau seal atau ringnya rusak ini bisa bahaya karena gas tidak akan mengalir sempura dan akan menyebabkan kebocoran yang bisa berakibat pada kebakaran. Setelah dilepas, pasang selenoid yang baru dan masukkan kembali seal ring tadi ke ujung selenoid, pastikan posisinya sudah pas. Kemudian pasangkan kembali baut-baut yang sudah dilepas. Setelah itu pasangkan kembali kabel yang terlepas dan coba hidupkan mesin water heater gas. Untuk mengetahui selenoid bekerja atau tidak cukup dengarkan bunyinya. Jika terdengar suara “ctak” berarti selenoid berfungsi dengan baik dan harusnya gas bisa naik ke pembakaran. Namun ketika suara “ctak” terdengar namun gas tidak mengalir, kemungkinan gas masih tersendar dari tabung gas, cukup ketuk-ketuk regulator hingga gas mengalir sempurna. Silahkan mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram