Virtual Field-trip Pegunungan Meratus (Beta)

Virtual Fieldtrip Meratus

Pegunungan Meratus merupakan suatu rangkaian pegunungan yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, memanjang dengan arah Timur laut-Barat daya. Pegunungan Meratus secara administrasi memang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, namun bagian sisi-sisinya berbatasan dengan daerah Kalimantan Tengah di Barat dan Kalimantan Timur di Utara. Titik tertinggi Pegunungan Meratus berada di Gunung Halau-Halau dengan elevasi mencapai 1.901 mdpl. Secara geologi Pegunungan Meratus merupakan satu sutur dari peristiwa kolisi yang terjadi beberapa ratus juta tahun yang lalu. Pegunungan Meratus selain secara alam kaya akan aneka ragam hayati, kaya juga akan hazanah geologi. Kekayaan dan keunikan Pegunungan Meratus akan coba di rangkum melalui sebuah virtual fieldtrip yang disajikan dalam berbagai format, baik gambar, video, dan model secara 3D yang memudahkan pembaca untuk menggagumi kekayaan alam Pegunungan Meratus, terutama dari segi geologi. 

Rocks Distribution Meratus
Peta penyebaran batuan dasar Pegunungan Meratus dan hasil penanggalan umur berdasarkan berbagai sumber
Stratigrafi Regional Meratus
Stratigrafi Regional Meratus (modifikasi Heryanto, 2010). Kotak oranye merupakan komponen batuan dasar

Geologi Regional

Pegunungan Meratus merupakan suatu bentukan pop-up atau muncul ke permukaan akibat adanya kompresi. Secara batas, Pegunungan Meratus dibatasi oleh Cekungan Barito di sebelah Barat dan Cekungan Asem-Asem di sebelah Timur, sedangkan di Utara berbatasan dengan Cekungan Kutai Atas. Secara geologi, Pegunungan Meratus merupakan percampuran berbagai jenis batuan dari berbagai umur. Selain itu, Pegunungan Meratus juga dipercayai sebagai sisa-sisa subduksi yang berumur Kapur atau sekitar145-65 juta tahun yang lalu. Berdasarkan penanggalan radioaktif dari beberapa penulis, batuan tertua yang tersingkap di pegunungan ini berumur sekitar Permo-Carbon atau sekitar 298-252 juta tahun yang lalu (Dirk dan Amiruddin, 2000). Batuan tersebut merupakan batuan beku berjenis granit yang tersingkap di daerah Purui Dalam. Secara garis besar, batuan penyusun Pegunungan Meratus merupakan batuan dasar, atau batuan yang mengalasi suatu cekungan. Komposisi batuan yang mengisi Pegunungan Meratus terdiri dari aneka jenis batuan, baik penyusun kerak benua maupun kerak samudara. Batuan penyusun Pegunungan Meratus terdiri atas batuan sedimen, batuan beku, batuan metamorf, hingga batuan ultrabasa.

Evolusi tektonik dari Kalimantan umumnya berdasarkan rekonstruksi dari Robert Hall dimana Banda yang membangun blok South West Borneo (SWB) dan blok Sulawesi Barat (Argo) bergerak dari dataran Australia. Pergerakan dari lempeng tersebut ditentukan oleh anomali magnetik yang terekam dari Argo Abyssal Plain dan asumsi penyebaran simetris (Hall, 2012). Blok SWB bersatu dengan Paparan Sunda sejak Kapur Awal atau sejak 110 juta tahun lalu, ditandai dengan adanya ofiolit dan batuan metamorf tekanan tinggi-temperatur rendah yang berhubungan dengan subduksi di Jawa Tengah, Pegunungan Meratus di tenggara Kalimantan dan Sulawesi Barat (Hamilton, 1979; Mitchell, 1993; Parkinson dkk, 1998) hingga Paleosen dan Miosen Awal (Tjia, 2012). Di utara, Luconia-Dangerous Ground bergerak ke selatan dengan subduksi berarah NW-SE dan penujaman ke baratdaya serta menempel Paparan Sunda pada Kapur Akhir.

Hall Reconstruction
Rekonstruksi tektonik Asia Tenggara, Banda (yang kemudian menjadi South West Borneo "SWB"), Argo, dan Luconia Dangerous Ground berada pada pososo awal ketika umur Jurasik-Paleogen (Hall, 2012)
Hall Reconstruction
Rekonstruksi tektonik Asia Tenggara dari Miosen-Saat ini (Hall, 2012)

Lokasi virtual fieldtrip Pegunungan Meratus

Lokasi beberapa singkapan batuan untuk virtual fieldtrip ini umumnya berada di daerah tengah Pegunungan Meratus, yakni dari daerah Kandangan di bagian Barat menuju daerah Batu Licin di Bagian Timur. Terdapat beberapa jenis batuan dasar yang tersingkap dengan cukup baik di daerah ini baik batuan sedimen, batuan beku, metamorf, hingga ultra basa.

Model 3D Point 1

Model 3D Point 2

Model 3D Point 3

Model 3D Point 4

Model 3D Point 5

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram