Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan

Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan

Bagi yang pernah dan sering bermain ke pesisir pantai selatan jawa barat tentunya tau betul yang namanya pantai pangandaran. Infrastruktur dan akomodasi yang sudah terbangun puluhan tahun lalu membuat akses ke pangandaran sangat mudah. Maka gak heran, pangandaran selalu menjadi magnet penarik wisatawan sampai sekarang. 

Sebenernya kalo kita mau ngemodal jemari, banyak banget pantai-pantai di sekitar pangandaran yang memanjakkan mata, ada karang nini, batu hiu, batu karas dan pantai-pantai lainnya yg gak serame pangandaran. Naah, ada satu lagi pantai yang gak banyak orang sadar dan bisa dibilang terlewatkan. Kenapa terlewatkan? Karena pantai ini letaknya persis sebelum pangandaran jika kita melewati jalur utama dari Banjar atau Ciamis. Nama pantainya adalah Pantai Karapyak!! 

Pantai Karpyak: Pesona Yang Terlewatkan
Peta lokasi Pantai Karapyak dilihat dari Google Earth
Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Lokasi Pantai Karapyak dilihat dari tangkapan Google Earth

Secara toponimi karapyak artinya kandang kerbau atau sapi. Mungkin dulunya kawasan pantai ini banyak terdapat kandang sapi atau kerbau sehingga dinamakan Pantai Karapyak. Pantai ini jaraknya hanya sekitar 15 km-an dari pantai pangandaran. Untuk menuju pantai ini kita bisa melewati jalur biasa yang banyak dilewati wisatawan, yakni jalur dari arah Ciamis. Setelah sampai di wilayah kalipucang tepatnya di daerah Emplak terdapat bunderan besar dengan penunjuk arah. Dari sini kita mengambil jalan ke kiri dengan tulisan Bagolo dan Karapyak. Dari pertigaan sini ke lokasi pantai hanya berjarak 8 km. Untuk rute dari Jakarta dan sekitarnya bisa klik disini ya!

Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Bunderan menuju Pantai Karapyak. (Tangkapan Google Street)

Kondisi Jalan Menuju Pantai Karapyak

Akses jalan menuju Pantai Pangandaran sih jangan ditanya lagi. Jalanannya cukup lebar dan mulus meskipun banyak kelokan. Untuk akses jalan ke Pantai Karapyak pun tergolong cukup bagus meskipun jalannya dari arah Emplak cukup sempit dan hanya pas untuk 2 mobil saja. Selain itu, tidak adanya penerangan jalan yang memadai dan jalanan yang berkelok-kelok membuat berkendara ke arah sini harus ekstra hati-hati, terutama ketika malam hari.

Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Akses jalan menuju Pantai Karapyak. (Tangkapan Google Street)

Akomodasi Pantai Karapyak

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Pantai Karapyak, hal pertama yang harus disiapkan adalah bekal! Baik bahan bakar kendaraan dan bekal uang karena tidak terdapat spbu dan atm di daerah pantai. Kita bisa mengambil uang dan mengisi bahan bakar di daerah Kalipucang sebelum berbelok ke arah Bagolo/Karapyak. Penginapan di pantai  ini sudah cukup banyak dibandingkan beberapa tahun kebelakang. Ada beberapa jenis penginapan dengan biaya yang bervariasi dari 200 ribuan sampe 1 jutaan. Untuk kenyamanan tentunya harus disesuaikan dengan preferensi budget ya! Untuk penginapan 200 ribuan hanya disediakan kamar dengan kipas angin dengan kamar mandi terpisah. Untuk kamar mandi dalam tentunya harganya sedikit lebih mahal. Ada satu tempat menginap yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap, namanya Karapyak Camping Lodges. Silahkan baca di “Review Karapyak Glamping Lodges“.

Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Beberapa penginapan murah di sekitar pantai. (Tangkapan Google Street)
Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Lokasi penginapan Karapyak Glamping Lodges. (Tangkapan Google Street)

Kondisi Pantai Karapyak

Karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, jadi pantainya masih cukup bersih dari sampah. Yang perlu diketahui buat para pengunjung adalah pantai ini BUKAN PANTAI UNTUK BERENANG YA! Kondisi pantai yang berkarang dan tidak adanya penjaga pantai membuat berenang di pantai ini sangat berbahaya. Jadi buat yang bawa anak kecil harap diperhatikan ya!

Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan
Pantai Karapyak: Pesona Yang Terlewatkan

Tempat Makan dan Nongkrong

Untuk tempat makan sudah cukup banyak. Paling banyak sih warung-warung indomie dengan kelapa muda nya yang segar. Ada juga beberapa warung nasi yang menyediakan aneka ikan bakar sehingga kita gak akan kelaparan deh klo ke pantai ini. Untuk tempat nongkrong sudah banyak beberapa kedai kopi kekinian pinggir pantai yang meyuguhkan aneka kopi dan turunannya. Cukuplah buat sekedar nongkrong cantik sampil upload foto di media sosial 😁.

Budget

Untuk perkiraan ongkos klo pake mobil kecil sih 300 ribu pp dari Bandung, klo dari Jakarta mungkin 500 ribu untuk bensin. Untuk penginapan yang nyaman sekitar 600 ribu satu malam, makan enak 150 ribu satu orang satu malam, nongkrong cukup 50 ribu satu orang. Jadi klo mau nyaman banget pake mobil untuk 2 orang butuh ongkos sekitar 1.2 sampe 1.5 juta klo pake mobil. Klo pake motor sih mungkin cukup 800 ribu udah nyaman banget. Klo mau irit yaa pilih penginapan yg 200 ribuan. Asal kebal nyamuk dan tahan kipas angin yaa 😁.

Secara keseluruhan sih saya kasih pantai ini ⭐⭐⭐. Infrastruktur dan akomodasi yang sudah cukup terbangun membuat pantai ini layak dijadikan alternatif pilihan selain Pangandaran. Semoga pihak terkait bisa mengembangakan kawasan inj dan menjaganya sehingga menjadi kawasan ekonomi yang berkembang. Terimakasih sudah membaca! Tolong bagikan juga klo dirasa perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram