Biaya Steril Kucing Murah?Gimana Caranya

Ilustrasi Steril Kucing

Berapa biaya steril kucing?

Biaya steril kucing bisa murah ataupun mahal tergantung dari beberapa hal, misal ras kucing, jenis kelamin, hingga riwayat kesehatan si kucing. Semakin tinggi ras kucing (jadi kek ke hitler-hitleran ya 😜) semakin mahal, sama halnya kalau kucing kita merupakan kucing betina, biasanya biaya akan semakin mahal. Sebenarnya mahal atau murah relatif gak sih?ada yang berani jor-joran keluarin biaya mahal buat kucing karena sudah cinta banget sama peliharaanya, tapi banyak juga yang punya pos pengeluaran sendiri buat kucing peliharaanya. Kalau diperkirakan estimasi biaya berada di kisaran 200 hingga 500 ribu rupiah seperti yang dikutip dari laman harga.web.id di tahun 2020, dan biaya akan semakin besar bila ditambah dengan obat-obatan tambahan seperti pain killer dan perban.

Estimasi biaya dari laman harga.web.id

Apa aja sih yang harus disiapin??

Sebelum memutuskan untuk mengkebiri atau mensteril kucing, ada banyak yang harus disiapkan loh. Pertama apakah kita sudah yakin betul untuk membuat kucing kesayangan kita steril?dengan membuat kucing kita steril kita akan kehilangan potensi untuk melihat anak-anak kucing menggemaskan loh 😟. Kalau kita sudah mempersiapkan mental dan siap dengan resikonya, ada hal lainnya juga yang harus kita siapkan.

  1. Pastikan kucing dalam keadaan sehat dan tidak dalam flu
  2. Kucing tidak dimandikan mendekati waktu steril, karena ditakutkan malah menjadi flu
  3. Kucing harus puasa dari beberapa jam sebelum disteril, terkecuali minum masih diperbolehkan
  4. Gunakan pet cargo yang tidak terlalu sempit untuk membawa peliharaan kita
  5. Pet cargo dalam keadaan bersih
  6. Membawa perlengkapan kebersihan seperti tisu kering dan basah atau pun pad tempat kucing 
  7. Agar tidak tertukar, pastikan pet cargo dilabeli dengan nama kucing dan nama pemilik

Cari steril kucing murah gimana??

Banyak cara agar kita bisa menekan biaya steril kucing agar tidak terlalu mahal, yang perlu dilakukan hanyalah olahraga jari atau meluangkan waktu untuk browsing mencari komunitas ataupun jadwal dari lembaga pemerintah seperti dinas peternakan yang kerap memberikan subsidi untuk steril kucing. Komunitas seperti pecinta kucing seringkali mengadakan program steril kucing masal bersubsidi sehingga biaya steril kucing lebih murah dibandingkan steril kucing langsung ke dokter hewan. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, biasanya harganya akan berkisar di atas 150 ribu rupiah untuk steril kucing domestik, dan 200 ribuan untuk kucing ras. Nah, setelah tau gimana caranya dan mantap untuk mengkebiri kucing kita, jangan lupa baca “Jangan Lakukan Ini Pada Kucing Stelah Di Steril!. Terimakasih sudah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
YouTube
Instagram